Saturday, July 27, 2013

pengertian hardisk komputer dan fungsinya


pengertian hardisk komputer dan fungsinya


pengertian hardisk komputer dan fungsinya
Hardisk kata ini tidak asing lagi ditelinga para orang IT, tapi bagi para nubi hardisk ini sangat lah asing ditelinganya, apalagi tentang pengertian hardisk komputer dan fungsinya kalau ditanya pasti langsung jawaw tidak tahu, padahal diera digital ini hardisk sangatlah sudah dikenal,hardisk ini sangat berguna atau titik penting dalam sebuah perangkat komputer, hardisk merupakan perangkat komputer. jadi saya buat artikel ini ingin berbagi/ sharing temen2 yang belum tahu apa itu pengertian hardisk komputer dan fungsinya. langsung saja ini artikel tentang pengertian hardisk komputer dan fungsinya:





Hardisk  adalah suatu device atau komponen pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan logam (Platter) yang berputar yang secara terintegrasi. ukuran kecepatan data sangat tergantung pada seberapa besar platter dapat berputar ,setiap data yang terdapat dihardiscdisimpan dalam lingkaran yang disebut track (konsentris. didalam setiap track dibagi dalam beberapa sector. 

Fungsi Hardisk komputer

adalah berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) yang mempunyai kapasitas yang sangat besar dan juga termasuk dalam salah satu memory eksternal dari sebuah komputer.


Bagian - bagian Hardisk Komputer

    pengertian hardisk komputer dan fungsinyapengertian hardisk komputer dan fungsinya
  1. Platter (piringan logam) biasanya terbuat dari logam atau aluminium yang diberi lapisi dengan bahan magnetik yang sangat tipis (ketebalannya dalam orde persejuta inchi)., jumlah piringan platter berbeda - beda dari 1 , 2, 3, atau lebih sesuai kapasitas hardisk itu sendiri. Piringan ini diberi lapisan bahan magnetis  Untuk saat ini thin film seperti pada processor digunakan untuk membuat lapisan tersebut.
  2. Head (kepala pembaca) , Komponen ini berupa kumparan kumparan .Head pada hard disk berfungsi sebagai proses baca dan tulis pada permukaan palatter, disetiap permukaan platter memiliki 1 head, jadi Untuk hard disk dengan 1 platter dapat memiliki sampai 2 head, hard disk dengan 2 platter dapat memiliki 4 head. 
  3. spindel yang berfungsi sebagai Motor penggerak platter
  4. dan masih banyak lagi komponen yang terdapat dalam hardisk, bisa kita liat gambar dibawah ini

 itulah sekilas artikel tentang pengertian hardisk komputer dan fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya,


No comments:

Post a Comment