Saturday, September 14, 2013

Cara merawat kucing dengan baik persia

Cara merawat kucing dengan baik

      

Kucing merupakan hewan yang banyak dipeliharaan/disenangi manusia, Banyak yang suka kucing karena perilaku kucing yang bersahabat,Sering kita liat kucing peliharaan orang lain lucu, kyut gto deh,, tapi tau ga cara perawatannya bagaimana, nah sebelum kita memelihara kucing alangkah baiknya kita pelajari tipsnya merawat kucing,biar tetap lucu dan menggemaskan, ini adalah tips-tips merawat kucing secara sehat :


Tips-tips merawat kucing peliharaan , ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang perawatannya. Adalah sebagai berikut :

1.       Tempat makanan dan minum kucing
Buatkanlah tempat makanan dan minum kucing yang bersih dan jauh dari tempat dia membuang kotoran, dan agar kucing tersebut terbiasa untuk minum dan makan ditempat tersebut.

2.       Makanan yang dibutuhkan kucing
Pastikanlah makanan yang anda berikan untuk kucing peliharaan anda mempunyai jumlah vitamin dan nutrisi yang baik/cukup buat kucing anda, Setelah 8-10 bulan, Anda bisa membiasakannya untuk makan makanan rumah seperti nasi dan susu. Kebiasaan ini harus Anda lakukan sejak dini.belilah makanan kucing
yang sesuai untuk kucing anda periksa kandungan-kandungan yang terdapat pada kemasan makanan kucing anda.
  • kandungan protein tinggi, minimal 25 %. Semakin tinggi kandungannya biasanya lebih baik.
  • Rendah lemak, efisiensi pencernaan lemak pada kucing sangat rendah.
  • pH rendah (derajat asam tinggi).
  • Magnesium rendah. Kandungan magnesium tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saluran kencing.
  • Taurin
  • Asam arakidonat (arachidonic acid)
  • Vitamin & mineral ( Vit A, B12, Niacin, Thiamin)

3.       Merawat bulu kucing
Sikat bulu kucing secara rutin. Hal ini dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu.

4.       Alergi kucing
tidak ada jaminan kucing yang kelihatan bagus tidak menyebabkan alergi, maka dari itu hindari kucing jantan berwarna hitam. Sebaliknya, anda bisa memilih anak kucing betina dengan warna terang atau kucing siberia.
Merawat kebersihan tubuhnya. Anda harus rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Spot-spot ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri lho. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.

5.       Agar disukai kucing
kucing cenderung menghindari orang yang melakukan kontak mata dengannya, maka dari itu sebaiknya anda pura-pura cuek dan tidak memperhatikan kucing agar mereka mendekat dan menyukai anda.
Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Ketika bulu kucing mulai berbau, Anda dapat memandikannya dengan air dingin. Air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing.
Setelah 8-10 bulan, Anda bisa membiasakannya untuk makan makanan rumah seperti nasi dan susu. Kebiasaan ini harus Anda lakukan sejak dini.

6.       Tanda ekor
ekor kucing yang tegak artinya bahagia, ekor bergerak-gerak adalah tanda lesu, ekor merendah merupakan tanda kucing ingin mencari mangsa, sementara ekor yang bergerak cepat berarti kucing anda sedang marah.

7.       Kucing yang sakit
beberapa pemilik kucing biasanya mengabaikan gejala sakit pada kucing mereka. Jadi apabila kucing anda ragu-ragu untuk memanjat atau melompat, lebih agresif atau lebih pendiam, maka sebaiknya anda segera menemui dokter hewan.

8.       Kotoran kucing
kucing tidak suka kotak khusus untuk membuang kotorannya, malah mereka lebih suka buang air pada gundukan sampah jika anda memberinya wewangian. Apabila kucing bisa buang air di kamar mandi, sebaiknya anda rajin menjaga kebersihan kamar mandi anda tersebut.

9.       Kucing yang rewel
beberapa kucing yang terbiasa diberi makanan enak tidak akan mau menikmati makanan berbeda yang anda tawarkan. Maka dari itu sebaiknya anda pandai memilih makanan kucing yang tepat dan cara mencampurnya dengan produk lain untuk kucing.

10.   Mencakar sofa
salah satu kebiasaan kucing yang menjengkelkan adalah mencakar sofa dan benda-benda lainnya. Untuk menghindari hal ini sebaiknya anda memberi kucing gulungan benang murahan untuk mereka bermain-main.

itulah artikel tentang Cara merawat kucing semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih atas kunjunganya

No comments:

Post a Comment