Sunday, March 23, 2014

pengertian pendidikan menurut para ahli [teori]


pengertian pendidikan menurut para ahli [teori]

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli [teori]


pendidikan kata ini yang saat ini sedang ramai diperbincangkan, dengan seiring perkembangan zaman pendidikan terus mengalami maju mundur, apalagi diindonesia banyak hal yang harus dibenahi dalam sistem pendidikan. menyikapi hal ini banyak para fakar indonesia mengungkapkan pengertian atau teori tentang pendidikan, yang tidak lain para fakar pendidikan indonesia ingin mengungkapkan tujuan pendidikan yang sesungguhnya yaitu menciptakan generasi yang berkwalitas dan memiliki karakter yang baik dan memiliki pandangan luas akan cita cita yang akan mereka capai untuk memamujan bangsa ini. berikut adalah pengertian pendidikan menurut para ahli pendidikan atau teori pendidikan menurut para ahli :

Pendidikan menurut para ahli 

Pendidikan menurut UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 
Pada dasarnya pengertian pendidikan  adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 )

Menurut kamus Bahasa Indonesia 
Kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya.

Pendidikan menurut wikipedia
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuanketerampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Pendidikan menurut bahasa
Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia)
menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes) berikut:
  • Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
  • Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
  • Melestarikan kebudayaan.
  • Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.

Pengertian pendidikan menurut M.J. Langeveld
pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.

Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
  • Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  • Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  • Menjamin integrasi sosial.
  • Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  • Sumber inovasi sosial.

Demikian artikel tentang pengertian pendidikan menurut para ahli [teori] semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pendidikan.

Terima kasih atas kunjunganya


No comments:

Post a Comment