Monday, June 3, 2013

algoritma dan pemrograman (Pengertian Pseudocode,Flowchart ) serta contoh programnya

algoritma dan pemrograman  (Pengertian Pseudocode,Flowchart ) serta contoh programnya


kali ini saya akan bahas tentang algoritma dan pemrograman dasar yang saya pelajari di kampus, saya ambil materi ini dari aslah satu dosen saya, yooo langsung aja kita akan mengenal algoritma dan pemrograman


untuk per temuan pertama kita akan bahas Hal-hal yang berhubungan dengan Algoritma yaitu :
ØPseudocode
ØFlowchart
ØVariabel, Konstanta, Tipe data


Pengertian Pseudocode
  Pseudocode adalah bentuk penyelesaian suatu permasalahan secara berurutan dengan menggunakan kata-kata yang sederhana atau mudah dimengerti.
Contoh pseudocode


  Buatlah pseudocode untuk menentukan suatu bidang datar, apakah bidang datar tersebut berbentuk  persegi panjang atau bujur sangkar dan hitung luas bidang datar tersebut.
1.Masukan panjang dan lebar
2.Kalau panjang sama dengan lebar, tulis “bujur sangkar”, lanjutkan ke nomor 4.
3.Selain itu, tulis “persegi panjang”
4.Hitung Luas

Flowchart (Diagram alur)
 Flowchart adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program
Program flowchart, simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan logik dari pemrosesan
terhadap data.
System flowchart, merupakan simbol-simbol peralatan komputer yang digunakan untuk menyatakan
proses pengolahan data.

Variable, konstanta dan tipe data
Pengertian Variable:
Variable adalah suatu identifier yang mempuyai area didalam memori komputer, mempunyai nilai
dan nilainya tersebut dapat berubah
Pemberian Nama Variable
1. Harus unik. Tidak boleh sama dengan key word   (reserve word) atau nama fungsi yang sudah
 disediakan oleh komputer.
  2.  Maksimum nama variable 32 karakter.
  3.  Karacter pertama harus huruf atau under score
  4.   Tidak boleh mengandung spasi atau blank.
Contoh penulisan Variable
  B
  B2
  Jumlah
  jumlah
  Jumlah
  GajiPegawai
  Gaji_Pegawai  

Pemberian nilai pada variable
Ada dua cara untuk memberikan nilai pada variable, yaitu  melalui proses assignment dan
pembacaan.
  Assignment, bentuk umumnya sebagai berikut :
  1. variable ß Nilai
  2. variable2 ß variable3
  3. variable ß ekspresi
  Contoh :
  1. nama ß “Sjafri”; 
  2. Isi = 10;  X = Isi;
  3. Jumlah = X + 50 – (3 X B)

Pembacaan varible
                Pemberian nilai dengan cara pembacaan dapat dilakukan dengan instruksi pembacaan atau input. Bentuk umunya adalah sebagai berikut :
                                1. read (variable);
                                2. read (variable1, variable2, ………..);
                                3. readln (variable);
Contoh :
                                1. read (nama);
                                2. read (nama, tempat_lhr);
                                3. readln (alamat);

Menampilkan variable
                Instruksi untuk menampilkan sesuatu nilai sering disebut dengan instruksi output. Bentuk umumnya adalah sebagai berikut :
                                1. write (variable1, variable2, ……………);
                                2. writeln (variable, variable2, ……………);
Contoh :
                write (“Nama  :  “, nama);
                write (“Jumlah :  “, A + B + C);
                writeln (“Alamat :  “, Alamat);

 Pengertian Konstanta  
                Konstanta adalah suatu nama yang didefinisikan yang nilainya tetap (tidak bisa dirubah)
Tipe Data
                Setiap data yang disimpan dalam suatu variable maupun yang disimpan bukan dalam variable struktur datanya mempunyai tipe tertentu
Ada 2 jenis tipe data, yaitu tipe dasar dan tipe bentukan.
                Tipe dasar, adalah tipe data yang disediakan oleh setiap bahasa pemograman, seperti integer, charakter, float dan lainnya.
                Tipe bentukan adalah adalah tipe yang dibentuk dari kombinasi tipe dasar, seperti larik, record, string.


Sumber dosen: Sjafri Edy S.Kom
inilah sedikit artikel tentang algoritma dan pemrograman yang saya dapatkan dikampus, terima kasih atas kunjungannya,  



No comments:

Post a Comment