Thursday, June 6, 2013

cara setting bios | instalasi sistem operasi sreenshot mudah dipahami

cara setting bios | instalasi sistem operasi sreenshot mudah dipahami

Oke temen-temen hal pertama yang dilakukan Sebelum melakukan instalasi sistem operasi pada komputer, lankah pertama kita harus setting bios yang ada pada komputer agar CD instalasi yang ada pada CD ROOM bisa terdeteksi oleh sistem komputer. sebenarnya da beberapa cara dalam penginstalan sebuah komputer atau laptop bisa menggunakan media CD ROOM atau bisa juga menggunakan flashdisk atau yang sering disebut bootable flashdisk. tetapi alangkah baiknya kita menggunakan media CD ROOM karena pada proses copy data pada saat instalasi tidak mengalami atau ada file yang coroupt. pada pembahasan ini saya akan memberikan sedikit cara-cara setting bios yang saya ketahui atau pernah saya lakukan sebelum melakukan instalasi sistem operasi pada komputer:


  • Langkah pertama Hidupkan komputer dengan menekan tombol power pada komputer, atau jika komputer sudah dalam keadaan hidup maka anda bisa restart komputer.
  • Setelah komputer menyala atau muncul gambar pertama kali (akan ada perintah pojok kiri bawah), atau langsung tekan tombol DELETE  secara terus menerus untuk bisa meload atau masuk ke tampilan bios komputer. (Jika tida bisa menggunakan tombol DELETE untuk masuk ke menu bios, maka gunakan tombol yang lain: F2 atau ESC, atau tombol lainnya F1 - F2).
  • Setelah tampilan menu bios sudah muncul, maka kita pilih menu boot untuk memilih boot yang akan diprioritaskan, gunakan arah panah kiri, atas, bawah, kanan, untuk memilih menu boot.
  • Kemudian pilih boot device priority lalu ENTER untuk memilih perangkat yang diprioritaskan.  

cara setting bios | instalasi sistem operasi

  • maka pilih CD ROOM pada 1st Boot Device,(Jika menggunakan CD ROOM)

                                 
                                          gunakan tombol + atau - untuk mengganti 1st bootnya
  • kalau semuanya sudah selesai tekan  F10 untuk menyimpan dan keluar, atau ikuti petunjuk yang ada  samping menu bios atau dibawah. tunggu hingga komputer restart dengan sendirinya, dan lakukan proses penginstalan selanjutnya,,

itulah sedikit proses instalasi atau cara setting bios standar, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan yang membacanya,,

No comments:

Post a Comment