Sunday, May 19, 2013

sejarah komputer dan perkembangannya


sejarah komputer dan perkembangannya


KONSTRUKSI KOMPUTER

1.       Pengertian konstruksi komputer

Berdasarkan suku kata terdapat 2 kata yaitu
a.       Konstruksi, yang mempunyai arti suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Konstruksi dapat juga didefinisikan sebagai susunan (model, tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya)[1] Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda. ( wikipedia )
b.      Komputer, yang mempunyai arti peralatan yang berfungsi sebagai pengolah, pengelola dan penyimpan informasi.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Pada awalnya pembuatan komputer hanya sebagai alat hitung, tetapi dengan berkembangnya zaman hingga saat ini, kegunaan komputer bukan hanya sebagai alat hitung tetapi bisa sebagai alat multi fungsi yang dapat digunakan dari kalangan anak-anak sampai orang tua.

    Sehingga dapat kita simpulkan secara singkat ( berdasarkan pendapat penulis ) pengertian konstruksi komputer adalah kegiatan/ cara membangun sarana maupun prasarana yang dapat mempunyai fungsi sebagai alat pengolah, pengelola dan penyimpan informasi, dimana terdapat perangkat keras dan perangkat lunak pada peralatan tersebut.

sejarah komputer dan perkembangannya

2.      Sejarah komputer dan perkembangannya.

           Pada awalnya seperti telah dijelaskan sebelumnyaa komputer di dapatkan idenya dari alat hitung, yaitu abacus atau biasa di sebut sempoa ( sampai sekarang masih digunakan ). Dan komputer memang digunakan sebagai alat bantu manusia untuk alat perhitungan. Tetapi lama kelamaan dengan maraknya penemuan-penemuan di zamannya makan makin disempurnakanlah fungsi , proses maupun dari bentuknya.
Berikut perkembangan komputer berdasarkan generasinya yang dapat penulis simpulkan.
a.       Komputer generasi awal ( pencetus )
Pada tahun 1642, seorang matematikawan, ilmuwan dan filsuf negara prancis blaise pasca menemukan kalkulator otomatis pertama.  Kalkulator tersebut dapat melakukan proses perhitungan dan pengurangan  dengna cara menggunakan seperangkat roda gigi yang saling berhubungan. Roda pertama mewakili bilangan satuan, roda kedua mewakili bilangan puluhan , roda ketiga mewakili bilangan ratusan, dan seterusnya.
Kemudian pada awal 1670, seorang matematikawan jerman gottfried wilhem leibniz, mengembangkan kalkulator yang dibuat pascal. Sehingga dapat digunakan untuk perkalian dan pembagian. Leibniz juga menambahkan sistem bilangan  biner ( binary numeration ), yaitu sebuah sistem perhiungna yang lebih mudah ditangani mesin dibandingkan sistem desimal.
sejarah komputer dan perkembangannya

       Sistem bilangan biner kemudian di kembangkan lagi oleh george boole, seorang matematikawan inggris, sehingga menemukan tipe baru matematika yang saat ini dikenal dengan aljabar boolean dan logika boolean.
Pada tahun 1820-an seorang matematikawan inggris , Charles Babbage mengembangkan sebuah komputer mekanik. Ide ini muncul setelah melihat adanya kesamaan matematika dengan gerakan mekanik, yaitu gerakan mesin melakukan hal sama secara terus menerus. Dan selama 50 thn charles babbage berkerja untuk mengembangkan komputer mekanik. Pada tahun 1842, babbage berhasil membuat komputer mekanik versi pertama yang disebut difference engine, dan disusul dengan versi2 pengembangannya, dan versi terakhir disebut dengan mesin pengalalisa ( analytical engine).
Pada tahun 1888 , seorang penemu , statistikawan dan wirausahawan, Herman Hollerith, menemukan sistem kartu berlubang , dan digunakan untuk  sistem tabulasi hasil sensus yang dilakukan di amerika serikat. Pada tahun 1896 hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan thn 1911 hollerith menjual sahamnya. Perusahaan  tersebut berubah nama menjadi Computing Tabulating recording Company (C-T-R ), dan pada tahun 1924 namanya berubah menjadi International Business Machines Corporation ( IBM ) dan pada tahun 2005 bergabung dan berubah menjadi IBM-Lenovo.

         Pada selang tahun 1937-1939, john vincent atanasoff, seorang fisikawan amerika di iowa state collage di bantu asistennya clifford berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar boolean pada sirkuit listrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja george boolean berupa sistem aljabar biner, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematika dapat dinyatakan dalam kondisi benar atau salah dengan bilangan 1 dan 0. Kondisi benar diaplikasikan dengan sirkuit yang terhubung dan salah dengan koneksi yang terputus. Akhirnya mereka berdua berhasil membuat komputer listrik pertama yang disebut dengan atanasoff-berry computer atau ABC . konsep atanasoff kemudian digunakan oleh john W. Mauchly dan john presper eckert, jr. Dalam pembuatan ENIAC  ( electronic numerical integrator and computer ).

itulah sejarah komputer dan perkembangannya yang saya pelajari di kuliahan, semoga artikel sejarah komputer dan perkembangannya ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment