Friday, January 24, 2014

fungsi media massa

fungsi media massa


fungsi media massa
Fungsi media massa sangatlah beragam sesuai jenis/lingkungan kemajuan, media massa memiliki berbagai fungsi, berikut adalah fungsi media massa,Sering kita dengar kata media massa, tapi tahu kah  apa pengertian media massa?  dan apa fungsi media massa secara garis beras media massa sangat berpengaruh pada kestabilan pada suatu negera, media massa mempunyai peran yang signifikan sebagai bagian dari kehidupan  manusia sehari-hari, sekarang media massa adalah salah satu wadah aspirasi masyarakat, untuk dijadikan perlawanan, pengontrol pergerakan pemerintahan dalam suatu negara. dari media massa ini lah kita bisa tahu tentang apa yang terjadi dinegara kita bahkan didunia. untuk itu berikut adalahfungsi media massa, untuk pengertian massa silahkan klik pengertian media massa.


Fungsi media massa di bagi kedalam beberapa yaitu :


  • Fungsi Pendidikan
  • Fungsi Hiburan
  • Fungsi Kontrol Sosial
  • Sebagai Lembaga Ekonomi
  • Sebagai Lembaga Ekonomi



Berikut fungsi media massa menurut wikipedia

Berdasarkan ketentuan pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial. Sementara itu Pasal 6 UU Pers nasional melaksanakan peranan sebagai berikut ;
  • Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui menegakkan nilai nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia. Selain itu pers juga harus menghormati kebinekaan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benr melakukan pengawasan. [1]
  • Sebagai pelaku Media Informasi
Pers itu memberi dan menyediakan informasi tentang peristiwa yang terjadi kepada masyarakat, dan masyarakat membeli surat kabar karena memerlukan informasi.
  • Fungsi Pendidikan
Pers itu sebagi sarana pendidikan massa (mass Education), pers memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya.
  • Fungsi Hiburan
Pers juga memuat hal-hal yang bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.
  • Fungsi Kontrol Sosial
Fungsi ini terkandung makna demokratis yang didalamnya terdapat unsur-unsur sebagai berikut:
  1. Social participation (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan)
  2. Social responsibility (pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat)
  3. Social support (dukungan rakyat terhadap pemerintah)
  4. Social control (kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah)
  • Sebagai Lembaga Ekonomi
Pers adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pers dapat memamfaatkan keadaan di sekiktarnya sebagai nilai jual sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh keuntungan maksimal dari hasil prodduksinya untuk kelangsungan hidup lembaga pers itu sendiri.


sekian artikel tentang fungsi media massa, artikel yang berkaitan pengertian media massa , smoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung

No comments:

Post a Comment