Tuesday, May 20, 2014

perangkat keras komputer (hardware) dan contohnya


perangkat keras komputer (hardware) dan contohnya
image by: coolnerdscom

perangkat keras komputer (hardware) contoh dan fungsinya

perangkat keras mungkin saat ini sangatlah tidak asing lagi kita mendengarnya, apalagi di zaman sekarang yang sedang ada tugas TIK yang katanya tahun 2014 ini akan dihapuskan mata pelajaran ini karena zaman yang sudah serba modern ini anak anak yang belum sekolah aja sudah tahu apa itu komputer, gadjet dll . tapi itu tidak menjamin si anak tahu apa itu perangkat keras komputer (hardware). sedikit saya akan ulas tentang pengertian perangkat keras komputer dan apa saja macam - macam perangkat keras komputer.


Pengertian perangkat keras komputer (hardware)

perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik pendukung yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). yang berfungsi untuk masukan (input), memproses (process), keluaran (output). atau bahasa sederhananya perangkat keras komputer ialah perangkat yang nampak terlihat secara fisik, dapat dipegang, yang memiliki massa.


Fungsi Perangkat keras komputer (hardware)

Fungsi Perangkat keras komputer seperti yang terdapat pengertianya fungsi Fungsi Perangkat keras komputer adalah  yaitu alat yang berfungsi untuk yang berfungsi untuk masukan (input), memproses (process), keluaran (output).

Fungsi perangkat keras komputer, menurut fisik dan fungsinya:

1. Perangkat keras masukan (input)

perangkat ini berguna untuk memasukan data atau memberikan perintah kepada sistem komputer, agar memproses data yang diperintahkan oleh si user atau pengguna.

Berikut contoh Perangkat keras masukan (input) :
  •   Mouse 

Mouse adalah perangkat keras komputer yang berfungsi memasukan atau menggerakan pointer pada komputer, dinamakan mouse karena bentuknya yang menyerupai tikus, makanya di sebutnya mouse (inggris) yang artinya tikus baca lebih detail..
  • Keyboard

keyboard adalah papan ketik yang terdiri dari sekumpulan tombol tombol angka, alfabet, dan perintah perintah yang mengirim data masukan kekomputer yang kemudian akan dproses. jenis keyboard sangat lah beragam, tapi yang saat ini sangat populer yaitu keyboard qwerty.
  • scanner

scanner adalah perangkat keras pendukung komputer yang bersifat masukan, alat ini berfungsi untuk memindai data yang berupa gambar analog kedalam gambar digital/elektronik yang dapat diproses atau diterjemahkan kedalam bahasa komputer.
  • Power Suplyy
Power Suplyy adalah sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari sumber tegangan listrik ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. 

2. Perangkat keras pemrosessan (processor Unit)
Perangkat keras pemrosessan  yaitu yang berfungsi untuk memproses segala kegiatan atau perintah dari user yang diolah sedemikian rupa, atau bisa disebut pusat atau otak dari sebuah komputer. baca lebih detail.. 

Berikut contoh erangkat keras pemrosessan (process) :
  • Central Processing Unit (CPU)  
Central Processing Unit (CPU)  atau sering disebut Processor komputer. ini terdiri dari beberapa komponen kecil yang saling berhubungan yaitu :
  • ALU (arhitmatica Logic Unic)

yaitu bagian yang berada pada processor yang berfungsi untuk menyelesaikan perhitungan matematika.
  • CU (Central Unit)

yaitu bagian pada processor yang berfungsi untuk mengatur kerja utama pada sebuah processor
  • Register

yaitu bagian yang berfungsi untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses
  • CPU interconnection atau BUS

yaitu bagian processor yang bertugas untuk mengubungkan komponen komponen yang berada pada processor Unit. ALU,CU,Registri

3. Perangkat keras  komputer keluaran (output)
Perangkat keras keluaran (output) yaitu alat atau perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan proses akhir dari pemasukan dan proses data, atau informasi yang bisa berupa tampilan analog maupu digital, atau yang bisa dicetak.

berikut contoh Perangkat keras komputer keluaran (output) :
  • Layar Monitor

yaitu perangkat keras keluaran yang berfungsi menampilkan hasi akhir dari sebuah output dan pemrosessan yang kemudain menjadi sebuah tampilan pada layar. sehingga membantu pekerjaan si user atau pengguna komputer. baca lebih detail.. 
  • Printer

yaitu perangkat keras keluaran yang berfungsi untuk mencetak hasil atau merubah data digital/elektronik ke dalam data analaog berupa teks atau gambar yang dicetak kedalam sebuah media bisa berupa kertas. baca lebih detail.. 
  • speaker

yaitu alat keras keluaran komputer yang berfungsi sebagai perangkat yang mengeluarkan suara dari hasil proses digital pada sebuah komputer yang bisa kita dengarkan.

Sekian artikel tentang 

No comments:

Post a Comment