Friday, May 16, 2014

pengertian web server adalah



pengertian web server dan macam macam web server

web server dalam perkembanganya saat ini sudah tidak asing lagi kita dengan kata web server ini, tapi kadang kalanya kita tidak tau arti atau pengertian web server ini, tidak salahnya kita cari tahu tentang pengertian web server. dalam dunia industri sekarang didunia banyak sekali perusahaan yang mengembangkan dalam web server yang pastinya membutuhkan tenaga ahli dibidang web server ini. berikut adalah pengertian web server :



pengertian web server 

Pengertian web server adalah software atau perangkat lunak yang bergerak didalam sebuah perangkat komputer yang bertugas untuk melayani permintaan HTTTP atau HTTPS dari sebuah aplikasi browser dan kemudian mengirimkanya kembali dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen atau file file HTML  dan CSS yang kemudian oleh beroser akan di susun/diparsing menjadi halaman halaman web yang mudah dibaca oleh user atau pengguna.

Fungsi Web Server 


Fungsi web server yaitu untuk media penyimpanan halaman halaman web berupa file file atau document HTML  dan CSS, namun dalam perkembanganya web server tidak hanya menyimpan data file berupa HTML da CSS namun bisa juga berupa file file lainnya seperti gambar, video dengan tipe2 mendukung web browser.

Macam - macam Web Server diantanya:

  1. Apache Tomcat
  2. Apache Web Server – The HTTP Web Server
  3. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  4. Zeus Web Server
  5. Jigsaw
  6. Nginx
  7. Lighttpd
  8. Sun Java System Web Server
  9. Xitami Web Server


Cara kerja dari web server secara sederhana
Pertama :Client atau User mengirimkan sebuah permintaan (request) ke pada web server menggunakan aplikasi web server pada komputer atau jaringan komputer
Kedua :kemudian web server atau server menerima permintaan (request) tersebut dari client, yang kemudian mengecek atau mencari didalam server tersebut  permintaan(request) dari cient, apakah tersedia atau tidak didalam servernya.
Ketiga :selanjutnya Apabila permintaan (request) dari clien/user tersedia atau ada di jaringan server tersebut, maka web server akan mengirimkan data tersebut sesuai yang dminta (request) oleh clien kepada aplikasi browser yang terdapat dikomputer clienApabila permintaan tidak ditemukan atau terjadi error maka web server akan mengirimkan pesan error kepada si client/user melalui aplikasi web browser.
sekian artikel tentang pengertian web server adalah semoga artikel ini bermanfaat dan senantiasa bertambah ilmu kita dengan membaca artikel ini. dan Terimakasih Atas Kunjungannya.

No comments:

Post a Comment